Senin, 10 Januari 2011

The Tide Knot


Judul                     : The Tide Knot
Penulis                  : Helen Dunmore
Penerbit                : GPU
Jumlah Halaman : 320 halaman
Tahun Terbit        : Agustus 2009

heemm...
aku bingung mau mulai dari mana. *LOL*
well, kali ini aku mau mensinopsis novel, tepatnya novel tetralogi.
novel ini adalah buku keduanya. :)
novel pertamanya berjudul INGO udah aku sinopsis sebelumnya :)

Di buku kedua ini, masih ada tokoh Sapphire, Conor, Faro, dan yang lainnya tapi ada beberapa tokoh baru seperti Saldowr, Gloria Fortune, dll.

Dalam novel ini, Sapphire telah berhasil bertemu dengan ayahnya yang dikabarkan tenggelam di laut *baca: INGO*. Ternyata, keyakinan Sapphire kalau ayahnya masih hidup itu benar! "Mathew Trewhella" --- ayah Sapphire dan Conor pergi ke dunia bawah laut (INGO). Ingo seakan menariknya. Mathew bak tawanan dan tak bisa lagi kembali ke daratan.

Pasca bertemunya Sapphire dengan ayahnya, Sapphire mengajak Conor, kakaknya untuk menyelam kembali ke INGO dan bertemu dengan guru Faro, "Saldowr" namanya.

"Kamu yakin mau tahu dimana keberadaan ayah kalian?", Saldowr bertanya
"Ya, kami yakin", Sapphire dan Conor meyakinkan

Tiba-tiba Saldowr masuk ke sebuah gua dan kembali dengan mengenakan juba. Di balik jubanya, ada sebuah cermin.

"Kalian bisa melihat semua tentang ayah kalian dalam cermin ini! Tapi ingat, Jangan pernah sentuh cermin ini walaupun kalian emosi!", Saldowr mengingatkan.

Conor dan Sapphire bergantian mengamati. Conor yang pertama melihat! Tiba-tiba, tangan Conor mengepal. Seakan ingin memecahkan cermin dihadapannya.

Sapphire sekarang tahu. Sapphire sekarang tahu mengapa tangan Conor sampai mengepal. Ternyata, ayah mereka telah memiliki bayi dari hubungannya dengan bibi Elvira dan Faro. Sekarang, Faro dan Elvira adalah sepupu mereka. Mereka bertiga saudara tiri. Sapphire ingin menangis!

Setelah melihat kenyataan yang menyakitkan. Conore dan Sapphire ingin langsung pulang. Awalnya, Saldowr mengizinkan mereka pulang dengan catatan agar mereka kembali menemuinya ketika mereka berdua telah tenang.

Mendengar ucapan Saldowr seperti itu, Sapphire dan Conor mengurungkan niatnya.

Dengan sekuat tenaga, Saldowr mengeluarkan sebuah batu besar yang ditengahnya terdapat kilatan cahaya yang dapat menghipnotis siapapun yang melihatnya.

"Apa itu?", tanya Sapphire
"Ini simpul ombak. Warga INGO menginginkan agar simpul ombak ini segera lepas dan menyebabkan ombak besar dan akan menyerang udara dan tanah", Saldowr menjelaskan.

Setelah bertanya panjang lebar tentang simpul ombak itu. Saldowr menyuruh Sapphire dan Conor untuk pulang karena akan ada badai besar.

Benar saja! Tak lama setelah mereka sampai di rumah. Badai besar datang! Akibat badai ini, batas antara INGO telah hancur. St. Pirans, tempat keluarga Sapphire tinggal bak lautan. Ternyata simpul ombak telah lepas!

BAGAIMANA KELANJUTANNYA?
tunggu yaa :)

0 komentar:

Posting Komentar